Friday, December 01, 2006

Accidental Twins



Accidental twins


Hari rabu kemarin pulang ngantor gw langsung kekampus. Sampe kampus, ketemu Andy trus ke Takor bareng mau ngopi, trus langsung salat magrib. Pas on the way ke kelas gw ngelewatin mushola, disitu gw papasan ma cewe berjilbab temen sekelas gw. Her name? Dewi (her last name is Gustyowati, while mine is Andriani). Yang membuat gw tercenung sedetik kemudian langsung ketawa ngakak adalah, hari itu outfit kita lagi SAMA PERSIS!!! Dewi pake jilbab merah, semi blazer item, rok jeans, sandal casual cokelat dan tas item. Sedangkan gw pake jilbab & kalung merah, baju item, celana jeans, sandal casual cokelat dan JUGA tas item.


Gw sampe dikelas duluan dari Dewi, temen-temen yang lain belum ada yang nanggepin penampilan gw..Tapi begitu Dewi masuk kelas juga, anak-anak langsung heboh,

Gila! Dewi sama Dewi hari ini lagi jadi kembar beneran!”

Wah, Iwed dan Dewi janjian ya pake baju, sandal & tas yang sama gitu?”

Huuu…Udah nama sama, baju sama…Ngga kreatif luh bedua!”

Somehow, gw dan Dewi ketawa aja pas liat hari ini kita lagi jadi accidental twins. Bener-bener terlihat serupa, tapi tetep terlihat ciri khas dan keunikan masing-masing yang emang menonjol; Dewi dengan gaya feminimnya pake rok jeans manis warna biru, gw tetep dengan gaya tomboy gw pake celana jeans kebanggaan super belel (biru bukan, abu-abu juga nanggung) yang udah mulai robek-robek (hehehe…). Tiba-tiba gw punya ide untuk me-memorized momen ini sama FOTO (teteup..), kedua kalinya perbedaan kita terlihat jelas; Dewi dengan senyum manisnya, gw dengan (menurut temen2 lain) senyum sinis ala preman gw, dengan angle fave masing-masing.


Baik gw maupun Dewi ngga berkomentar apa-apa dengan kekembaran kita, kecuali celetukan, “Ih, lucu ya..kok tumben2an kita sama gini!” sambil ngikik bareng. Ngga ada satupun dari kita yang menuding siapa jadi copycat siapa, siapa ngikutin siapa. Karena pada dasarnya kita dateng kekampus dari arah berbeda dan sampe kampus dalam waktu yang hampir sama. Walaupun gw dateng ke kelas duluan, dan Dewi dateng belakangan, temen2 ngga ada yang nuduh Dewi nge-follow pakaian gw, karena mereka tahu itu hanya suatu kebetulan, fenomena alam kalo hari ini pikiran gw & Dewi lagi terkoneksi waktu mau pake outfit kita hari itu. Kita tetep sadar kita punya gaya dan keunikan masing-masing yang bisa dengan jelas membedakan mana yang Dewi dan mana yang Iwed. Istilahnya Duluan mana, telur atau ayam? Pertanyaan itu sampe sekarang kan belum ada jawaban yang pasti. Jadi daripada ngedebatin, mending nikmatin aja kegunaan masing-masing dari telur dan ayam, ya kan? (karena fungsi masing-masing juga beda).


Dan menurut gw… Apa yang salah dengan kemiripan? Allah aja menciptakan paling sedikit dua orang di dunia ini yang punya wajah luar biasa mirip (i.e Maddona-Gwen Stefani-Marlyn Monroe, Leelee Sobieski-Helen Hunt-Jodie Foster), apalagi ciptaan manusia (baca: Mass-producted stuffs) seperti fashion, aksesori, sepatu, tas dan segala macemnya? Menurut subjektif gw, keunikan itu tidak dilihat/di ukur dari bagaimana kita berpakaian, berdandan, bagaimana kita menata website friendster, multiply atau myspace kita supaya beda dari yang lain, atau simply dengan treak-treak di web kalo kita itu unik. Even I can easily recognize identical twins if I know them in person. So I recognize them by their “inside”, though their “outside” is deadly the same. Keunikan – sekali lagi menurut subjektif gw – itu lebih tercermin dari sikap dan attitude, prinsip atau pemikiran kita yang ngga biasa, ide dan kreatifitas kita yang ajaib, atau habit kita yang bisa bikin orang-orang cuma geleng-geleng kepala atau nyeletuk, “Dasar manusia ajaib!”. Gw secara ngga sadar punya kebiasaan yang menurut anak-anak unik: ngetik sms dengan kecepatan luar biasa TANPA harus melihat ke hape, sementara gw bisa dengan nyambungnya ngobrol ma temen gw atau tetep bisa dengerin dosen nerangin dikelas. Ga banyak orang bisa ngebagi fokus antara mau ngetik apa di sms tanpa ngeliat hape sambil tetep nyambung ngobrol ma temen atau sambil tetep dengerin dosen (sms cepet terkirim tanpa teman harus berasa kita cuekin,hehehe), and I’m proudly say that I’m very good at it.


Sebenarnya dengan banyaknya celetukan anak-anak (walaupun sambil bercanda), “Jangan mati Wed! Kalo elo mati gw ntar ngga punya temen ajaib kaya elo lagi” udah cukup membuat gw yakin bahwa gw unik, terlepas dari outfit apa yang gw pake dan terlepas dari atribut apa yang gw bawa……


Kalo menurut Andy, ngebedain antara Dewi dan Iwed itu gampang; Dewi itu Miss Brightside, sedangkan Iwed Miss Darkside,hehehe... Tapi kalo menurut gw ada satu hal lagi yang dapat dengan gamblang membedakan antara Iwed dan Dewi: Kalo kita berdiri hadap-hadapan, Gw seperti bercermin di kaca cekung, sedangkan Dewi seperti bercermin di kaca cembung, huahahahaha…. :D


- Goddess -


No comments: