Monday, February 11, 2008

Konser maut


Ngga nyangka gedung AACC, di jalan Braga Bandung tempat gw dulu pernah manggung di acara Beauty In Darkness jadi saksi bisu sebuah konser maut yang merenggut 10 nyawa ngga berdosa, hanya untuk nonton konser launching album dari "Beside". Ini cuplikan yang gw dapat dari Kompas.Com:

"Peristiwa terjadi saat konser akan selesai. Menurut Kapolda, pihak panitia membagi-bagikan minuman kepada penonton. "Minuman itu bau spirtus. Lalu ada penonton yang pingsan," ujarnya.

krisna sumargo: Karena melihat ada penonton yang pingsan, petugas kepolisian yang melakukan pengamanan kemudian memberhentikan konser. Lalu pertunjukan pun selesai. Sebagian penonton mencoba keluar gedung tersebut. "Ketika itulah penonton yang pingsan bertambah," lanjut Kapolda.

Ia menegaskan, tidak ada keributan atau kerusuhan di dalam gedung. "Jadi tidak ada perkelahian di dalam gedung. Saat konser semuanya berjalan lancar. Tapi setelah konser selesai ada penonton yang kelihatan lemas. Karena itu kami minta ada visum. Apa penyebabnya, saya belum bisa jawab," jelasnya.

krisna sumargo: Menurutnya, bisa jadi kejadian ini karena di dalam gedung kekurangan oksigen atau juga karena minuman yang diberikan oleh panitia. Namun, ia juga mengakui ada desak-desakan sesama penonton ketika mereka mencoba untuk keluar gedung."

Coba deh, maksudnya apa coba panitia bagi2in minuman di sebuah acara Launching Album? Kecuali kalo emang sponsornya si merk minuman itu sendiri [which sudah pasti ngga akan dikasih izin pihak berwenang saat mereka ngurus perizinan tempat]. Paling ngga penonton dikasih rokok, minuman juga pantesnya air mineral aja [itu juga biasanya disediain sponsor]. Tapi ini bisa sampe nyelundupin minuman ga jelas ke dalam gedung.

Iya gw tau band itu alirannya hardcore lah, punk lah or whatever yang dengan kata lain so-called "musik cadas", tapi apa gara2 itu terus pengamanan bisa diperlonggar seenaknya? Waktu gw manggung disana ngga ada tuh gw liat botol minuman berseliweran dsana. Kalaupun ada penonton yang mabok, mereka emang udah mabok dari sebelum mereka masuk kedalam gedung AACC.

Tragis... Gw sebagai salah satu pencinta musik sedih aja dengernya masih harus ada nyawa terbuang sia2 cuma untuk nonton konser. Padahal ngga peduli mau sekeras atau selembut apapun musik itu, harusnya yang namanya kedisiplinan dan keamanan dan perlindungan ngga boleh dibedakan. Yang nonton Jazz atau yang nonton Metal kan sama-sama manusia juga, punya hidup punya jiwa. Atau mereka menganggap pengagum musik Metal tidak seberharga pengagum musik Jazz atau klasik jadi dengan mudah kita bisa liat perbedaan jauh dari segi keamanan di konser2 musik yang berkaitan ini?

Innaillahi... moga2 kedepannya ngga akan pernah terjadi lagi ya, Amin...

PS: Semoga arwah para korban dapat diterima di sisiNya dan semoga Allah memberikan keuatan bagi keluarga yang ditinggalkan...

~G~

No comments: